STAKEHOLDER
Perusahaan yang besar atau ingin menjadi besar, patutlah menyadari apakah produk yang dihasilkan layak jual, apakah jasa yang diberikan memberikan manfaat. Lembaga pendidikan as a mini perusahaan, memiliki core business bidang jasa layanan. Apakah layanan yang diberikan selama berproses kemudian menghasilkan produk/lulusan sesuai harapan?, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki high value? Knowledgeable? kompeten? qualified? memiliki daya juang dan daya saing yang tinggi? berkontribusi? penggerak? dan mgkn banyak variabel positive lainnya, adalah menjadi key performance indikator (KPI).
Sebagaimana dalam sesi istimewa yang ter-up dalam foto ini, saya merasa bersyukur menjadi bagian 1 dari 20 stakeholder/pemangku kepentingan/pengguna/Mitra yang diundang Universitas Negeri Malang dalam Akreditasi ASIIN sebagai stakeholder alumni UM. ASIIN adalah akreditasi level internasional negara Jerman, tepatnya yang diakreditasi adalah FMIPA UM Jurusan Bio,Kimia, dan IPA pada 11 Nov 2021 lalu. Dalam satu room virtual, bersama para Proffesor Jerman, Malaysia, Kepala² sekolah favorite dan Manager² perusahaan, menjadi energi dan vibe tersendiri bagi saya untuk terus harus banyak belajar tentang bagaimana menjadi manager yang baik, guru yang baik, pimpinan yang baik, sehingga dengan amanah itu, dapat menjadi jalan menjadi lantaran menjadi sebab, dapat menghasilkan Lulusan yang diharapkan, minimal sesuai standar kompetensi lulusan yang telah direncanakan.
Terima Kasih Bpk Dr. Sumari dan Bpk Ibu Dosen UM yang telah mengundang SMA Modern Al-Rifa’ie 2 dalam ASIIN 2021 ini.
Terima kasih kepada Dr.KH Ahmad Muflih,S.E.,M.M dan Dr. Nyai Hj Luluk Zahrotul Maulidyah,M.Pd. sebagai Pimpinan Ponpes Modern Al-Rifa’ie 2 yang memberi kesempatan untuk kami berkembang & berproses.
Semoga bermanfaat.
Ahmad Fardan, M.Pd
Kepala SMA Modern Al Rifa’ie